Tentang Hidup, Tentang Bagian-nya

image

Wahh sudah lama gak posting nih. Malam ini saya teringat sebuah cerita. Pernah ada satu cerita saya baca, dulu ketika saya masih berumur sekitar 10-tahunan (terasa sok tua) 😄. Yang ceritanya kira-kira seperti ini;

Seorang ibu pergi ke sebuah toko bersama anaknya. Si anak kecil ini memegang mainan ditangan kirinya yang kecil. Disana ada terletak setoples penuh permen cokelat yang memang sengaja disediakan untuk diambil. Sang anak terus saja memperhatikan permen cokelat itu, yang tanpa disadarinya, sang pemilik toko juga memperhatikan anak itu.
Dengan ramah sang pemilik toko menawarkan permen tersebut, namun anak kecil ini terlihat menunduk dan terkesan tidak mau mengambilnya.
Dan pada akhirnya, sang pemilik toko merogohkan tangannya kedalam kotak permen itu, dan mengambil segenggam penuh permen coklat.

Yaa, kira-kira seperti itu ceritanya. Dan buat saya waktu itu (10-tahun). Cerita ini berarti banyak buat saya. Kenapa?
1. Untuk seorang anak kecil, seberapa banyak permen yang dapat digenggam dengan tangan mungilnya?

2. Lagipula anak itu menggenggam mainan disisi lain tangannya. Apakah itu akan membantu? Pastinya tidak.

Lanjut ceritanya, sang anak berkata pada ibunya “Coba kalau aku yang ambil permennya tadi, pasti gak akan sebanyak ini mah”

Nilainya???
Yahh saya rasa, setiap orang punya porsinya masing-masing bukan? Dan, punya porsi bukan berarti harus kita yang habiskan semua? Ada bagian dari porsi tersebut, yang setidaknya, sedikit saja milik orang lain. Bukan berarti kita membuang porsi kita, tetapi ada saat dimana, “porsi” orang lain datang kepada kita, sama halnya ketika kita sadar, porsi kita bukan hanya untuk kita.

Dan akhirnya, sekarang saya lebih mengerti, bahwa hidup bukanlah hidup kalau semua hanya tentang diri sendiri. Yahh, sangat klise, tapi coba bayangkan lagi, apakah kita sudah tidak egois? Sedikit saja? Pasti ada.
Lakukan apa yang harus dilakukan, apa yang jadi bagian kita. Sisanya??? Ada, pasti ada sentuhan dari luar, yang membuat akhir perjalanan kita, indah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s